Advertise

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi


Anda tentu mengerti bahwa pengertian teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah berbeda. Menurut anda apa perbedaan pengertian antara kedua istilah tersebut?
Di dalam bahasa Indonesia, istilah Informatika diturunkan dari bahasa Perancis informatique, yang dalam bahasa Jerman disebut Informatik. Sebenarnya, kata tersebut identik dengan istilah computer science di Amerika Serikat dan computing science di Inggris. Namun, istilah informatics dalam bahasa Inggris memiliki makna yang sedikit berbeda, yaitu lebih menekankan pada aspek pengolahan   informasi secara sistematis dan rasional.
Ilmu Informasi adalah ilmu yang mempelajari data dan informasi, mencakup bagaimana menginterpretasi, menganalisa, menyimpan, dan mengambil kembali. Ilmu informasi dimulai sebagai dasar dari analisa komunikasi dan basis data.
Teknologi Informasi adalah ilmu yang mempelajari teknik aplikasi komputer untuk mendukung operasi dari suatu organisasi: operasi, instalasi, dan perawatan komputer, perangkat lunak, dan data. ’Teknologi Informasi' dapat berupa gabungan dari beberapa elemen teknologi berbasis komputer yang saling berinteraksi dan bekerja sama berdasarkan suatu prosedur kerja (aturan kerja) yang telah ditetapkan, dimana memproses dan mengolah data menjadi suatu bentuk informasi yang dapat digunakan untuk mengambil keputusan.
Komunikasi adalah pertukaran informasi (perubahan) dari satu pihak ke pihak lain. Jika  komunikasi antar berbagai pihak tersebut dilakukan secara tidak  langsung atau saling berjauhan maka proses komunikasi tersebut disebut telekomunikasi.
Teknologi Komunikasi adalah ilmu yang mempelajari aplikasi berbagai teknologi yang digunakan di dalam telekomunikasi. Pada zaman dahulu teknologi yang digunakan masih sangat sederhana dan  komunikasi yang dilakukan masih dari  satu orang ke seorang lainnya (point to point), tetapi saat ini teknologi telekomunikasi sudah sangat canggih tidak terbatas oleh ruang dan waktu serta jumlah orang yang saling berkomunikasi. Melalui teknologi informasi dan komunkasi penyampaian informasi dari pengirim ke penerima dapat dilakukan dengan lebih cepat, lebih luas sebarannya dan lebih lama penyimpanannya.

Posting Komentar

0 Komentar